Papercutting & Painting: Jokowi & Chopper.

Moment dalam bahasa sehari-hari bisa diartikan: kejadian pada suatu masa tertentu atau saat dimana kejadian tertentu itu terjadi. Kita sendiri biasanya juga akan melakukan sesuatu untuk mengingatkan atau merayakan suatu moment atau peristiwa. Salah satunya adalah moment ulang tahun. Dan meskipun waktu yang saya punya sangat terbatas untuk menyelesaikan karya ini, saya tidak ingin kehilangan moment penting tersebut. Moment ulang tahun Presiden RI ke 7, Bapak Joko Widodo, yaitu tanggal 21 Juni.

Dengan mengambil peristiwa ulang tahun ini, memicu dan memacu saya untuk menyelesaikan proyek papercutting yang lama tertunda yaitu membuat portrait para tokoh menggunakan teknik papercutting dan painting. Waktu yang saya punya sangat terbatas, dan sungguh ini merupakan tantangan tersendiri bagi saya. Saya balik dari Ngawi menuju ke Jakarta pada Selasa 19 Juni pagi dan karena perjalanan lancar (pesawat dari Solo nggak delay) maka sampai di rumah sekitar jam 10 pagi. Itupun tidak bisa langsung berkarya, masih harus beberes rumah setelah ditinggal mudik. Target saya, sebelum 21 Juni harus selesai. Ya mau gak mau, harus lembur. Dan syukur Alhamdulillah, bisa selesai juga. Walau masih jauh dari sempurna, setidaknya karya ini selesai tepat pada waktunya.

Sketsa sepeda motor chopper Pak Jokowi.
Warna dasar gold menggunakan marker Copic.
Warna dasar kedua yaitu hitam
Proses detailing yang menantang dan sulit khususnya pada bagian mesin
20180620_235737-011005873057.jpeg
Rendering chopper sebelum dipotong
20180621_001728-011989112584.jpeg
Supaya bagian atas tidak menutupi potret Pak Jokowi, maka perlu dipotong mengikuti gambar chopper.

Kenapa harus potret Pak Joko Widodo dengan jaket denim dan chopper? Karena saya ingin menampilkan sosok Pak Joko Widodo sebagai personal, sebagai manusia Indonesia yang mencintai tanah airnya, sebagai manusia biasa yang juga punya hobby. Jaket denim dengan desain yang menurut saya sangat bagus dan menggambarkan keragaman Indonesia, bisa menggambarkan kecintaan beliau kepada Indonesia. Sebagai manusia biasa yang punya kegemaran atau hobby, meski beliau adalah tokoh yang super sibuk karena posisinya sebagai Presiden Republik Indonesia, Pak Joko Widodo tak sungkan menampilkan dirinya apa adanya. Gandrung musik rock dan mengidolakan berbagai grup rock/metal, mengendarai chopper, bergaya pakaian casual adalah personal-brand yang melekat pada beliau. Dan ini yang ingin saya tampilkan. Joko Widodo sebagai Joko Widodo.

20180619_212504-01137523474.jpeg
Layer-layer papercutting semuanya menggunakan kertas putih dan pewarnaan tiap layer menggunakan cat poster.
20180619_214213-01978966586.jpeg
Proses pengecatan layer menggunakan cat poster
20180619_215526-011991506626.jpeg
Warna layer mengikuti desain yang telah dibuat sebelumnya. Harus dipastikan juga pencampuran cat harus sesuai dan cukup untuk mewarnai, jika kurang akan menimbulkan masalah terkait konsistensi warna tiap layer.
20180619_225622-011193691098.jpeg
Proses penggabungan layer menggunakan lem.
Proses penggabungan layer sekitar 60%. Cukup merepotkan ketika menggabungkan potongan layer yang kecil, jangan sampai lem mengotori gambar atau cat.
Kesalahan kecil pun bisa berakibat fatal. Bagian rambut ada yang terkelupas kertasnya, untungnya masih ada sisa campuran cat dengan warna yang sama.
Proses penggabungan layer sudah selesai.
Detail per layer.
Penampakan dan detail sebelum ditutup gambar chopper.
Gambar chopper dan potret ketika digabungkan.
Penambahan bingkai putih dipinggir potret.
Jokowi dan Chopper dengan pigura hitam.

Sebagai warga negara yang menghormati pemimpinnya, saya berkeinginan memberikan karya saya ini sebagai kado ulang tahun buat beliau. Namun, entahlah, saya tidak tahu caranya bagaimana memberikan kepada beliau. Dan sejujurnya, saya juga takut ditolak karena masih banyak kekurangan dalam karya saya ini. Tapi apapun yang nanti terjadi, besar keinginan saya untuk menjadikan karya ini sebagai kado ulang tahun dari saya dan keluarga untuk Pak Joko Widodo. Oh ya, mengenai sumber foto Pak Jokowi dengan jaket denim dan foto sepeda motor beliau, saya dapatkan dari googling. Saya tidak tahu siapa pemegang hak ciptanya, namun dengan ini saya minta ijin untuk mengolah foto tersebut menjadi karya papercutting dan semoga empunya foto berkenan memberikan ijin.

Selamat ulang tahun Pak Joko Widodo :).

Advertisements

One thought on “Papercutting & Painting: Jokowi & Chopper.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s