Tentang kanal Ngobrol Desain(er)

Berawal dari minimnya dokumentasi karya desain, dokumentasi wawancara desainer mengenai konsep karya, harapan dan impian dari para desainer sekaligus juga sarana bagi desainer untuk memamerkan karyanya secara digital dan terbuka, maka muncul keinginan untuk memulai melakukan dokumentasi karya maupun desainer, arsitek atau seniman.

Portfolio karya merupakan media dokumentasi yang bisa bercerita tentang karakter desain, perkembangan desain, proses desain ataupun evolusi dalam berkarya. Portfolio karya telah mengalami perubahan. Dulunya portfolio dicetak dan dikumpulkan dalam folder khusus. Lalu portfolio dibuat interaktif menggunakan media CD-ROM ataupun website atau blog, yang memungkinkan desainer bisa leluasa bercerita tentang konsep dalam berkarya. Sampai kemudian era social media berkembang dengan cepat dan massive menggunakan Instagram, Twitter, Facebook, Youtube, dsb. Mudah, murah dan cepat. Dan ketika budaya masyarakat sendiri mulai ada pergeseran dari budaya membaca menjadi budaya menonton, maka media video juga menjadi pilihan. Banyak yang bilang membuat Video Log atau Vlog itu gampang. Namun ternyata tidak semua orang (tepatnya desainer) cukup percaya diri melakukan Vlog atau bahkan melakukan Selfie. Walhasil, tidak banyak desainer yang bercerita tentang profil mereka ataupun karya mereka.

Saya mencoba menjadi perpanjangan tangan bagi desainer dalam membuat dokumentasi visual. Saya belum ahli dalam membuat video dokumentasi namun saya mau dan akan terus belajar. Saya bersyukur dan berterima kasih dengan mas Danang Ismoyo karena beliau mau menerima ide dan saran saya serta bersedia untuk kolaborasi. Dan hasilnya tentunya sudah bisa anda nikmati di link berikut. Bagus atau jelek, saya serahkan penilaiannya kepada para pemirsa. Tentunya masih jauh dari kata sempurna dan masih banyak hal yang bisa ditingkatkan. Untuk itu, mohon kesediannya untuk memberikan komentar, masukan, kritikan atau apapun di kolom comment Youtube. Syukur-syukur jika anda mau memberikan “like” atau klik tombol “subscribe”.

Diskusi dan bertukar ide atau gagasan akan terlihat berat, makanya kami ngobrol saja agar terasa ringan dan mengalir. Maklum, kami masih nyubi gan. Foto candid by Aurelia
Diskusi dan bertukar ide atau gagasan akan terlihat berat, makanya kami ngobrol saja agar terasa santai, ringan dan mengalir. Maklum, kami masih nyubi gan. Makanya supaya casual dan informal, nama kanalnya adalah Ngobrol tentang Desain dan/atau Ngobrol dengan Desainer. Foto candid by Aurelia.

Harapan saya, kanal Ngobrol Desain(er) ini berlanjut, sehingga masukan dan kritikan anda semua akan berarti bagi saya. Saya sangat terbuka ke berbagai bidang atau disiplin ilmu (desain produk, grafis, kriya, tata cahaya, arsitektur, seni lukis, dsb). Selama desainer, arsitek atau seniman yang bersangkutan bersedia kolaborasi dan direpoti dengan berbagi data, informasi atau koleksi karya mereka, saya siap. Semua alat fotografi atau videografi atau editing menggunakan alat yang saya punya, meski ya terbilang sangat sederhana. Dan karena ini hobby atau ikhtiar saya untuk saling membantu secara sukarela, ya saya tidak bisa memberikan uang sangu atau uang transport ke desainer atau nara sumber. Boleh dibilang ini adalah kerja bakti atau gotong royong dalam membuat dokumentasi desain atau desainer, bahasa keren jaman now ya disebut “kolaborasi”. Nara sumber akan mendapatkan hasil dokumentasi, saat wawancara juga bisa berbagi cerita, harapan dan impian melalui profesi atau project-project yang sedang dikerjakan termasuk promosi profil desainer itu sendiri. Oh ya, pilihan bahasa yang akan disampaikan juga sepenuhnya diserahkan kepada nara sumber. Mau pakai English atau Bahasa Indonesia atau bahasa yang lain, silakan. Semoga kanal ini berguna dan membawa manfaat bagi kita semua, migunani tumraping liyan.

Jadi, apakah ada masukan kira-kira desainer/arsitek/seniman yang anda bisa nominasikan untuk diwawancarai? Silakan kontak saya di contact@arisdn.com

Atau bisa menghubungi saya melalui IG/Twitter di @arisdn

Terima kasih.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s