Konser Iwan Fals, Untukmu Indonesia.

Istora Senayan, 21 November 2015.
Sebagai generasi yang tumbuh dan besar di era kejayaan Orde Baru, lagu-lagu Iwan Fals membuka telinga dan mata saya tentang realita jaman itu. Yang kemudian lagu-lagunya banyak kami mainkan sambil gitaran di perempatan atau pos kamling dekat rumah. Bahkan menginspirasi saat aktif demonstrasi jalanan saat jadi mahasiswa tahun 1998. Dari dulu pengen banget bisa nonton konsernya. Malam ini mumpung beliau konser di Jakarta, disempatkan untuk menikmati.

 

Lagu2 kritik sosial & cinta, yang dulu & kini masih akrab di telinga saya, banyak yang dimainkan. Termasuk beberapa lagu baru, diantaranya lagu dengan lirik yg ditulis oleh Bambang Widjayanto, pimpinan KPK yang juga hadir di konser ini. Tentunya konser ini jadi semacam karaoke bersama dengan Iwan Fals sebagai pimpinannya. Meski sudah tidak lagi tergolong muda, namun tarikan vokal dan stamina Iwan Fals pantas diacungi jempol. Lagu-lagu yang ditampilkan memang kebanyakan adalah lagu dari album dia saat bernyanyi solo. Lagu Bento dan Bongkar saat dia gabung band Swami malah dinyanyikan Iwa K dan grup NEO.

Selain ada panggung utama, juga terdapat panggung tambahan di sisi kanan panggung, yang didedikasikan untuk melantunkan lagu-lagu balada atau bernuansa musik country. Ada juga penampilan solo Iwan Fals, bermain seorang diri dengan gitar akustik dan harmonika. Serasa dia ingin tampil apa adanya seperti khalayak mengenalnya selama ini.

Apresiasi positif layak diberikan kepada Iwang Noorsaid sebagai music director, dimana konser ini menampilkan beberapa variasi musik. Ada saatnya akustikan, formasi lengkap, vokal+piano, R&B untuk Iwa K dan NEO, juga nuansa mini orkestra juga ditampilkan disini. Catatan khusus untuk promotor penyelenggara, dimana masih banyak improvement yang harus dilakukan jika mereka mengadakan pertunjukan lagi. Sound system bagus dan petikan gitar akustik Edy Kemput juga terdengar jernih. Tata cahaya atau lighting kurang maksimal. Sungguh konser 3 jam yang terasa cepat. Tepat dimulai jam 8 malam dan berakhir jam 11 malam. Dan overal, konser yang memuaskan 😉

image

image

image

image

image

image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s