Penampakan brand dalam The Martian

Eksplorasi angkasa luar dan usaha untuk menemukan tempat baru yang (mungkin) layak untuk ditinggali manusia terus dilakukan. Termasuk mengangkatnya sebagai tema sebuah film. Sudah cukup banyak film dengan tema ini, jadi silakan cari sendiri dan bandingkan. Dan juga film tentang pencarian orang hilang atau film tentang kesendirian yang pada akhirnya menjadi topik sentral juga sudah cukup banyak.

Mari kita diskusikan tentang brand atau produk yang muncul dalam film ini. Entah itu official atau sekilas lalu. Dalam The Martian, brand yang tampil memang tidak ada yang dominan. Sehingga cukup sulit untuk menilai apakah brand tersebut official sponsor atau bukan.

 


Kita bisa memulai dari GoPro. Kamera action nan mungil ini seolah menjadi teman saat sendiri, semacam diary visual, semacam teman ngobrol atau tempat curhat selama tinggal sendiri di planet yang belum berpenghuni. Walaupun dibagian depan kamera, tulisan GoPro banyak ditutup dengan sticker barcode, namun sillhouette atau penampakan produk ini tidak asing lagi. GoPro muncul diberbagai adegan. Namun selain GoPro, nampaknya Sony juga digunakan di helm para astronot tersebut. Ada sepasang kamera yang dipasang di sisi kiri dan kanan helm. Memang tidak jelas apakah ini Sony atau bukan, namun dari penampakan bentuk, terlihat mirip dengan action camera milik Sony.

Gadget yang digunakan pun juga beragam. Laptop juga ada 2 penampakan brand disini. Panasonic “Tough Book” sebagai official laptop yang digunakan untuk aktivitas di luar ruang. Laptop ini memiliki spesifikasi yang extreme, sehingga tahan debu, cuaca, benturan dan juga telah digunakan di berbagai medan pertempuran yang sesungguhnya. Ada juga penampakan laptop Samsung sebagai laptop pribadi yang dibawa oleh astronot saat ekspedisi. Dengan tampilan yang slim dan ringan serta kemudahan konektivitas dengan perangkat lain, laptop Samsung berhasil mencuri perhatian saat melakukan transfer data dengan Panasonic Tough Book. Ada pula penampakan monitor AOC disini, walaupun hanya spintas lalu.


Dari brand fashion, penampakan dominan adalah Under Armour. Brand ini tampil saat para astronot tidak mengenakan pakaian resmi saat diluar angkasa atau di luar ruangan bertekanan. Ada juga penampakan sepatu Nike, terutama saat Matt Damon mencoba mengolah lahan agar dapat ditanami kentangsebagai bekal survival selama di Mars. Brand mobil juga sekilas ada penampakan Range Rover Sport sebagai kendaraan resmi bagi para petinggi dari NASA-nya China. Juga ada penampakan jam tangan Hamilton, yang digunakan oleh Matt Damon selama dia berada di Mars. The Hamilton Khaki Navy BeLOWZERO adalah type jam tangan yang muncul dalam film The Martian ini. Penampakan jam Hamilton dalam film eksplorasi angkasa luar juga muncul saat film Interstellar.

Jadi, memang tidak ada penampilan brand yang mendominasi disini. Antara GoPro, Panasonic, Samsung, AOC, Under Armour, Nike, Range Rover, Hamilton tampil sekilas dan jarang mengalami perulangan. Mungkin ini adalah strategi dari sutradara, produser dan brand itu sendiri agar penampilan brand dalam film berkesan original dan tidak ada kesan dipaksakan. Seolah berkesan natural bahwasanya untuk outdoor ya pantasnya pakai Panasonic Tough Book, sepatu Nike untuk aktivitas casual dan harian, jam tangan Hamilton untuk dipakai harian. Memang akan sulit dicerna logika jika pakai Rolex atau Panerai atau Brietling atau Patek Phillipe untuk ekspedisi angkasa luar, apalagi dipakai oleh level seorang astronout kebetulan yg ahli botani, bukan big-boss, selebriti atau pilot.

Image sources: fox movies, hamilton watches, gopro, brandchannel.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s