Resensi Awam tentang Rogue One, A Star Wars Story. 

Sebelum menonton sebuah film, biasanya saya akan menyempatkan diri untuk membaca resensi untuk sekedar tahu plot ceritanya seperti apa. Termasuk film Rogue One: A Star Wars Story ini. Namun entah kenapa saya jadi malah tidak mengerti atau mempunyai bayangan bakal seperti apa film ini nantinya. Atau mungkin karena saya mencoba mencari hubungan dengan cerita-cerita sebelumnya. Singkat kata, saya putuskan untuk tidak terlalu cari tahu alias kepo bakal seperti apa ceritanya. Dan sengaja saya menunggu kejutan-kejutan apa yang bakal saya nikmati saat menonton film ini.

Kejutan itu diawali oleh theme song. Tahu kan betapa theme song Star Wars itu menjadi legenda. Dan ketika theme song ini absen, saya berpikir, ada apa dengan film Rogue One ini. Saya yakin tidak salah beli tiket. Juga ringkasan cerita sebelumnya, “A long time ago in a galaxy far, far away…” yang biasanya ditulis dan ditampilkan di pembukaan film, dengan tampilan scrolling dari bawah ke atas, tidak ada. Mengejutkan dan makin membuat penasaran. Mungkin sutradara ingin membuat tradisi baru. Mungkin. Atau memang ini bukan Star Wars? Entahlah….

Kejutan lain, banyak tokoh atau karakter baru. Kalau mau dibuat prosentase, mungkin 95% karakternya baru. Jadi, tidak perlu khawatir untuk yang tidak mengerti cerita-cerita sebelumnya. Disini kita akan menikmati cerita dan karakter yang baru. Ibarat aliran sungai, ini adalah anak sungai yang nantinya bergabung dengan induknya. Sebagai bagian puzzle dari keseluruhan cerita. Entah disengaja atau tidak, karakter utama adalah perempuan, yang bernama Jyn Erso. Mirip karakter Rey di Star Wars; The Force Awakens, dimana karakter ini menjadi sentral cerita dan bahkan mempunyai peran penting dalam cerita. Mungkin tema girl leadership masih menjadi tren di Hollywood sana, setelah era Frozen buatan Disney. By the way, Star Wars juga buatan Disney.

Inti cerita Rogue One adalah proses penciptaan Death Star, senjata andalan dan mematikan dari Darth Vader yang mempunyai ukuran sebesar bulan dan berbentuk seperti bola. Senjata yang mampu menghancurkan planet musuh. Kisah tentang pergulatan batin arsitek/desainer dari Death Star yang dihadapkan pada pilihan untuk bekerja untuk sesuatu yang sebenarnya tidak disukai namun tidak ada pilihan lain selain dikerjakan. Juga cerita tentang keluarga sang arsitek. Iya, Star Wars ini memang film keluarga, dengan tokoh utama adalah keluarga Skywalker. Disebut film keluarga bisa jadi karena diproduksi oleh Disney sehingga keluarga adalah pasar utama. Tidak hanya terkait film, tapi juga terkait aspek bisnisnya (misalnya penjualan merchandise).

Tampilan visual dan adegan perang antar pesawat di angkasa luar memang tidak perlu diragukan. Yang juga menyegarkan mata adalah perpaduan pemilihan lokasi sebagai background. Dari gurun tandus, kawasan kawah, lokasi pemukiman yang padat dan kumuh sampai dengan lokasi tempat tinggal di masa depan lengkap dengan pepohonan hijau, pantai dan pasirnya. Score music dalam Rogue One bagi saya adalah nilai minusnya, karena terasa kurang kolosal, megah dan menggugah. Berbeda dengan film-film Star Wars yang lain. Dan ketika saya cari tahu, ternyata John Williams tidak terlibat dalam Rogue One, digantikan oleh Michael Giacchino.

Banyak yang bisa saya ceritakan disini. Namun tidak elok rasanya jika semua saya bagikan. Anda akan kehilangan faktor-faktor kejutan dari film Rogue One ini. Jika anda bertanya apa arti dari Rogue One, anda akan temukan artinya. Apakah berlanjut dengan Rogue Two, Rogue Three, dan seterusnya, juga bisa dijawab sendiri jika anda mengikuti ceritanya. Film ini juga mencoba mengangkat perjuangan ataupun kontribusi tokoh-tokoh baru diluar tokoh mainstream Star Wars. Saya rasa pesan utama film ini adalah tentang Unsung Heroes. Bahwa sejatinya keberhasilan seseorang atau team, terdapat urunan kontribusi dari orang-orang yang pada akhirnya mungkin akan dilupakan eksistensinya. Hasilnya bisa kita nikmati atau rasakan, namun mungkin kita tidak tahu atau lupa siapa yang melakukan. Elemen kejutan lain adalah tentang bagaimana hasil perjuangan maupun nasib dari Jyn Erso, Captain Cassian dan tokoh-tokoh lain dalam film ini. Termasuk tokoh yang akan muncul dibagian akhir film, yang akhirnya menggenapkan dan melengkapi rangkaian puzzle cerita Star Wars.

Selamat menikmati. May The Force Be With You.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s