Motorbike and Portrait Sudiman

Kali ini, saya membuat dokumentasi yang spesial. Dari sisi tokoh yang dijadikan portrait, spesial bagi saya. Dari sisi objek kendaraan yang digunakan, juga spesial. Sepeda motor dengan kapasitas mesin jauh lebih kecil dibandingkan motor gede (baca: Harley-Davidson) dan rasanya tak lazim didokumentasikan, yaitu Yamaha L2Super. Sepeda motor era tahun 1980-an.

Tokoh yang dijadikan objek adalah Sudiman. Beliau adalah seorang Guru Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Seorang pegawai negeri sipil dan abdi negara Republik Indonesia. Sebagai pegawai biasa di kota kecil, pada tahun 1980-an memiliki sepeda motor mungkin merupakan sesuatu yang bisa dianggap sebuah pencapaian khusus. Sepeda motor merk Yamaha dengan konfigurasi mesin 2-tak atau 2-langkah. Yamaha L2Super ini bisa dibeli setelah sebelumnya sebuah Vespa dijual terlebih dulu.
Kendaraan ini menjadi kendaraan utama dan satu-satunya di keluarga. Fungsi utama adalah sebagai sarana transportasi untuk mengajar di sekolah.

sketch yamaha L2Super

 

rendering Yamaha L2Super

Tantangan dalam mengerjakan karya ini, selain yang utama adalah menggambar portrait dari pak Sudiman yang terbatas foto portrait yang dimiliki, tentunya menggambar sepeda motor. Selain sumber referensinya sangat terbatas (karena masuk kategori sepeda motor lawas), menggambar sepeda motor itu sangat butuh ketelitian dan ketelatenan serta kesabaran. Dikarenakan banyak detail yang harus diperhatikan dengan seksama. Teknis perspektif juga cukup menyita perhatian, karena jangan sampai gambar menjadi distorsi.

portrait progress
portrait background

Terlepas dari berbagai macam kekurangan, saya bersyukur bahwa karya ini bisa selesai sebelum saya mudik lebaran. Sehingga bisa saya sampaikan langsung kepada beliau. Tadinya akan saya berikan saat beliau ulang tahun nanti, namun saya tidak yakin apakah bulan Agustus bisa mudik ke Ngawi lagi. Semoga beliau berkenan. Karena beliau adalah seseorang yang spesial buat saya. Beliau adalah guru saya, panutan saya, pembimbing, teladan dan juga DNA saya. Iya, pak Sudiman adalah orang tua saya. Semoga senantiasa beroleh karunia sehat, selamat, panjang umur dan berbahagia.

Sudiman and Yamaha L2Super

 

Sudiman and L2Super with black frame
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s